Tentang SMAN 2 Pekalongan

sman 2

SMAN 2 Pekalongan

Sejarah

SMAN 2 Pekalongan merupakan sekolah menengah atas negeri ke dua yang didirikan di kota Pekalongan setelah didirikannya SMA N 1 Pekalongan pada tahun 1983. Sekolah menengah atas negeri ini semula bertempat di Jl. R.A Kartini bersamaan dengan gedung SMA N 1 Pekalongan. Seluruh aktifitas belajar mengajar dilakukan bersama dengan SMA N 1 Pekalongan.
Pada tanggal 15 Desember 1984 SMA N 2 Pekalongan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Bapak Prof DR. Nugroho Noto Susanto. Bukan saja meresmikan SMA N 2 Pekalongan sebagai sekolah menengah atas negeri di kota Pekalongan, pada saat itu diresmikan pula gedung SMA N 2 Pekalongan.
Pada tahun 2006/2007 SMA N 2 Pekalongan merintis tambak ikan yang terletak dibelakang gedung kelas SMA N 2 Pekalongan. Tambak-tambak ini dikelola oleh dewan guru, staff, dan siswa-siswi SMA N 2 Pekalongan. Dari ide kreatif ini SMA N 2 Pekalongan ditunjuk sebagai Sekolah Berbasis Keunggulan Lokal Kelautan (BKLK). Dan pada tahun ajaran 2008/2009 SMA N 2 Pekalongan ditunjuk sebagai Rintisan Sekolah Kategori Mandiri (SKM).

Visi Misi SMA N 2 Pekalongan

Adapun visi dan misi SMA N 2 Pekalongan yaitu sebagai berikut :
Visi SMA N 2 Pekalongan “ Berprestasi, Terampil, dan Berbudi Pekerti Luhur”
Misi SMA N 2 Pekalongan yaitu :
1. Melaksanankan KBM secara efektif dan efisien sehingga optimal sesuai potensi yang dimiliki
2. Melatih ketrampilan untuk menumbuhkan semangat berprestasi dan membantu siswa mengenali potensi dirinya sehingga berkembang selanjutnya siap mengahadapi persaingan global.
3. Membentuk budi pekerti luhur dab menumbuhkan penghayatan terhedap ajaran agama yang dianut, budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
Alamat : Jalan Kusuma Bangsa, Kelurahan Panjang Baru, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan Jawa Tengah, Kode Pos 51141
Telepon : (0285) 424401.