Soto Tauto Pekalongan Paling Favorit

Soto Tauto paling favorit di Pekalongan

Tulisan mengenai Soto Tauto di Pekalongan paling favorit ini sebagai petunjuk dan pemberi informasi bagi anda yang ingin merasakan nikmatnya makan saat berada di Kota Batik. Rasanya anda sudah paham sekali apa itu Soto Tauto yang menjadi masakan / sajian khas dari daerah Pekalongan ini. Jikalau anda merupakan orang asli Pekalongan namun tak doyan soto tauto, sebaiknya anda pindah KTP saja.

Apa itu Soto Tauto?

Soto Tauto Pekalongan atau biasa disingkat Tauto, adalah jenis makanan berat yang terdiri dari beberapa komponen seperti Mie Bihun, Irisan Daging, sekumpulan Loncang, So’un dan Bumbu Tauco sebagai elemen terpenting. Beberapa sumber mengatakan Soto Tauto ini merupakan cuisine perpaduan tiga budaya yaitu India, China dan Lokal Jawa. Yang jelas, bentuknya mirip Soto kuah atau dapat dikategorikan sebagai soto karena mengandung Mie bihun, Daging dan Kuah. Jikalau terdapat daging giling bulat namanya Bakso. Andaikata dagingnya dibakar, namanya Sate.

Soto yang agak aneh menurut beberapa orang luar Pekalongan ini, Menurut penulis rasanya cukup rancak, karena rasa yang muncul dari sajian ini ada rasa segernya, pedasnya, kecutnya dan pada ramuan tertentu ada sedikit pahitnya. Namun bagi masyarakat natif Pekalongan, Menu ini sudah menjadi bagian hidup sejak lama.

Cara Menikmati Soto Tauto.

Soto Tauto Pekalongan hanya bisa dinikmati terbatas waktunya, tidak setiap waktu anda bisa membelinya. Berbeda dengan Nasi Megono yang sangat nikmat di pagi hari, Soto Tauto Pekalongan hanya bisa dinikmati pada jam-jam makan siang hingga sore saja. Adapun jika ada warung yang buka soto tauto hingga malam hari bisa dipastikan itu tidak begitu enak dan juga, Jarang ada!

Jika anda orang yang sok borjuis dan tak mau berpeluh saat makan, ya sebaiknya hindari saja makan Soto Tauto Pekalongan ini. Menikmati makanan ini paling enak di warung yang tidak ber-AC dan dengan kursi yang berdempetan bukan lesehan. Feeling Enak makan soto ini akan didapat saat berada dalam kondisi tersebut dan ditunjang oleh rasa dari Soto yang disajikan. Beberapa warung terlihat sempit namun disitulah nikmatnya. Anda tidak akan bisa menikmati Soto Tauto dengan sempurna misalnya ketika makan disamping Kolam renang Hotel atau di Mall.

Cara membuat Soto Tauto.

Jelas penulis tidak bisa membuat Soto apalagi Bumbu Tauco. Penulis hanya bisa makan minimal dua mangkok Soto sekali kejadian plus Tempe atau Gorengan, dan Lontong jika ada. Jadi, Jika anda berasumsi bisa menimba ilmu pembuatan Soto Tauto di artikel ini, Anda keliru besar. Lebih enak membeli di warung dari pada repot-repot membuat sendiri. Sehebat apapun anda dalam hal masak-memasak, lebih baik membeli saja dan mentraktir teman-temannya daripada susah-susah membuat sendiri, kecuali jika anda berada diluar negeri semisal Qatar atau Tanzania.

Artikel ini dibuat sebagai penuntun kaum yang suka jajan di warung dan suka menegasikan kehebatan masak orang rumah. Artikel ini justru menyemangati anda sebagai pembacanya untuk melakukan perbuatan silaturahmi atau kumpul-kumpuul bersama teman-teman seperjuangan anda mengeluarkan anggaran makan-makan. Bayangkan nikmatnya makan Soto Tauto sembari bersenda gurau atau cekakakan di warung dengan bebas. Tentu saja hal ini tidak proper jika dilakukan di rumah keluarga kecil, apalagi ada bayi. Sungguh alasan yang masuk akal bukan?

Tahukah anda, Ciri khas Soto Tauto Pekalongan.

  • Tidak cocok untuk anak-anak.

Tidak ada yang akan mengaku-aku bahwa Soto Tauto Pekalongan adalah makanan favorit / kenangan-ku saat aku kecil, Itu jelas bohong besar. Karena umumnya anak kecil tidak begitu suka rasa pedas, maka jarang ada anak-anak kecil akan menjadikan soto tauto ini sebagai menu makan / lauk saat dia makan sehari-hari. Biasanya anak Pekalongan akan mengenal Soto ini ketika dia sudah mulai beranjak besar dan doyan pedas. Dan bisa anda lihat di warung-warung soto tauto, Kebanyakan yang jajan disitu adalah orang dewasa.

  • Sudah pedas walaupun belum dikasih sambal.

Saat disajikan di meja anda, Soto ini sudah mengandung rasa pedas. Jadi bila anda tidak suka rasa pedas, sediakanlah semangkuk air panas untuk mencuci dagingnya biar rasa pedasnya hilang, Tapi itu akan terasa konyol sekali. Lalu juga ada yang bilang bahwa soto tauto itu tidak pedas dan butuh sambal agar lebih nikmat lagi, tapi ukuran kepedasan masing-masing orang berbeda. Tentu sambal yang dimaksud adalah sambal cair bukan sambal korek atau sambal bawang.

  • Semakin kecil mangkoknya semakin enak rasanya.

Ini adalah alasan kenapa penulis bilang tadi diatas butuh dua mangkok agar makan soto ini terasa maksimal di perut. Penyajian Soto Tauto Pekalongan biasanya menggunakan mangkok yang kecil. Entah kenapa alasannya, penulis kebingungan. Mungkin dengan mangkok kecil, bumbu dan komponen lain bisa melting dengan sempurna. Daripada satu mangkok besar yang terkesan ugal-ugalan, mendingan nambah lagi satu mangkok kecil agar nafsu makan bisa terpenuhi.

Sekedar informasi saja, Kebanyakan penyajian menu soto di daerah pesisir Jawa Tengah bagian utara memang menggunakan mangkok kecil. Apakah di bagian tengah / selatan juga demikian? Karena minimnya menu soto khas didaerah selatan, perbandingannya agak sia-sia. Namun untuk Soto Beningan didaerah Jawa Tengah bagian tengah dan timur, Mangkoknya tidak terlalu kecil, setara dengan mangkok Bakso atau Mie Ayam.

Silahkan anda mencoba kalau belum pernah, Sauto Tegal menggunakan mangkok kecil. Soto Semarangan (yang selalu penuh bawang goreng mikro) juga menggunakan mangkok kecil. Soto Kudus juga umumnya disajikan dengan mangkok kecil.

  • Jika menggunakan daging selain kerbau rasanya akan aneh.

Untuk kesempurnaan rasa dari Soto ini, Daging Kerbau-lah yang paling cocok untuk dikombinasikan dengan elemen lainnya menjadi sebuah Soto Tauto. Tidak ada yang menjual Soto Tauto dengan daging Kambing atau Sapi. Kalaupun ada sangat jarang dan bisa masuk rekor MURI. Paling-paling ya orang rumahan gak jelas motifnya yang nekat mengganti daging kerbau dengan jenis lain untuk melakukan percobaan tak berguna tersebut.

Sedangkan untuk daging ayam atau bebek, Dapat ditemui di beberapa warung yang ada di Pekalongan. Ada juga yang spesialis daging jeroan. Yang jelas gak ada penjual yang mengganti Daging Kerbau dengan Daging Celeng atau Udang kupas jenis King Prawn. Ada juga yang mengganti daging dengan tempe, dan banyak juga penggemarnya walaupun sepertinya perbuatan tersebut mengandung unsur halusinasi.

  • Hanya Enak dinikmati di Warung

Soto ini menurut penulis hanya enak dinikmati di warung bukan di rumah, Kalau di mantenan atau hajatan gak papalah, Asal menyewa satu grobak penjual Soto Tauto secara komprehensif, Bukan membuat sendiri. Kecuali anda pengusaha catering sedang dapat pesanan, membikin tauto rumahan itu menurut penulis masuk dalam kategori tidak masuk akal. Nuansa makan soto yang pas itu menurut penulis harus gerah (sumuk), kalau perlu ditambahi keramaian atau warung penuh.

Makan soto di rumah ya mungkin saja bisa enak, jika suami atau istri anda juga enak dipandang. Tapi ya itu tadi, Ada beberapa ingredients yang bisa sama porsinya, namun jika diproses di rumah tidak bisa seenak di warung. Feel-nya akan sangat berbeda, Apalagi saat makan bareng-bareng dengan teman sekantor atau teman masa kecil, Rasanya akan lebih menyenangkan.

  • Lebih enak dipadukan dengan Lontong

Di daerah lain, Lontong biasanya dipadukan dengan Sate atau Gado-gado. Di Pekalongan, Lontong bisa menyatu dengan Soto Tauto, Bahkan ada pula Warung Bakso yang memadukan lontong dengan bakso. Agak aneh saja kalo Soto Tauto dipadukan dengan Ketupat atau Buras, Tapi ya itu sah-sah saja, bahkan sekarang beberapa warung Soto menyediakan menu nasi sebagai pengganti lotong sebagai main supply karbohidrat pada orang-orang kelaparan itu.

  • Soto Tauto yang enak ya hanya ada di kota Pekalongan

Percaya boleh, tidak ya boleh. Meskipun mempercaya penulis adalah hal yang terkutuk. Jarang ada warung Soto Tauto yang enak apabila letaknya sudah diluar Kota Pekalongan. Anda boleh tidak setuju, tapi jikalau ada yang enak diluar wilayah Kota Pekalongan, paling hanya satu dua biji saja.

Hampir sama kaya Megono, Menu khas ini yang paling enak ya yang berada di Pekalongan. Di kota lain juga ada megono, tapi silahkan coba, pasti nggak enak. Sekali lagi anda boleh tidak setuju dan ini bukan soal fanatik. Megono ya Pekalongan, Tauto juga Pekalongan, Kalau ada orang Banjarnegara atau Pemalang bikin tauto ya pasti nggak bakalan enak, palingan ya agak mendingan aja rasanya, bukan yang enak apalagi banget.

Warung Soto Tauto Paling Enak dan Favorit di Pekalongan.

Setelah dari tadi membahas hal yang tidak jelas, kini saatnya anda merogoh kantong dan mempersiapkan diri untuk menuju ke salah satu warung yang tertera di bawah ini. Warung-warung ini adalah warung yang sudah eksis sejak lama dan hampir menjadi tempat kuliner favorit dari orang-orang Pekalongan perantauan saat dia kembali pulang ke kampungnya.

Perlu diingat, Penulis membuat artikel ini sendiri tidak copy paste dari website lain, jika ada kesamaan ya harap maklum. Penulis tidak hobi melakukan kopi paste atau plagiasi. Bahkan untuk sharing-sharing di grup WA pun sangat dihindari, apalagi model sharing duluan trus minta maaf  belakangan, Itu perbuatan sampah. Adapun jika ada foto bukan sumber pribadi, Penulis cantumkan sumbernya.

Soto Tauto Bu Bawon PPIP Pekalongan.

Warung Soto ini sudah eksis cukup lama, bahkan sejak gedung PPIP masih berfungsi sebagai gedung serbaguna, Inget ngga? Warung ini menjadi favorit sebagian orang karena rasanya tauto yang cukup kuat dan khas. Dahulu warung ini berada di kompleks gedung PPIP yang sekarang beralih fungsi sebagai Superindo. Warung ini sekarang bergeser ke selatan dan berada di pinggir jalan tepatnya di Jl. Dr Wahidin, Noyontaan, Pekalongan. Eh itu dulu, Sekarang Noyontaansari, Pekalongan. Eh sekarang katanya balik lagi namanya jadi Noyontaan. Ah, politik memang membingungkan.

Warung ini juga menjual bumbu tauco dalam bentuk kering untuk dibawa keluar kota. Jika anda belum pernah mencoba Soto Tauto PPIP, Cobalah datang kesana untuk merasakan nikmatnya Soto Tauto Bu Bawon atau lebih dikenal dengan Soto PPIP. By the way, Ada yang  tahu singkatan dari PPIP itu apa? Kalau ada yang tahu, Komen ya please.

soto ppip pekalongan
Soto Tauto PPIP. dok : https://soto-tauto-ppip-bu-bawon.business.site/

Aksesibilitas lumayan mudah karena berada di pinggir jalan besar, walaupun kalau sedang ramai parkir mobil bisa agak menjauh dari warung. Parkir motor tidak ada masalah, kecuali motormu nggak ada standar-nya. Untuk harganya masih relatif terjangkau bagi semua kalangan.

Map Soto Tauto Bu Bawon PPIP Pekalongan.

Warung Soto Tauto Damudji Pekalongan.

Soto ini biasanya tempat favorit makan dari orang pekalongan perantauan yang sedang pulang kampung dan belanja batik di toko Batik Luza atau di Ridaka Galeri, Di bilangan Jalan Agus Salim. Setelah berbelanja biasanya orang akan lapar, tengak-tengok lalu nemu warung soto di dekat situ. Namun itu hanya khayalan penulis saja yang belum pernah belanja batik disitu. Warung soto ini sudah ada sejak lama dan mempunyai pelanggan tetap tersendiri.

soto tauto pekalongan
Tampak dari seberang jalan. Dok : [email protected]

Menggunakan mangkok mini sebagai penyajian Soto seperti umumnya, Membuat penulis atau mungkin anda pasti akan menambah porsi begitu mangkok pertama habis. Disini juga ada menu tambahan semacam tempe, tahu, lontong, krupuk dll. Warung nya tidak terlalu besar namun masih muat untuk belasan orang.

Aksesibilitas relatif mudah karena berada di pinggir jalan yang tidak terlalu ramai. Parkir mobil bisa di depan atau dekat warung. Parkir motor aman, tapi jangan lupa dikunci. Untuk harganya relatif terjangkau bagi semua pelanggan.

Map Soto Tauto H. Damudji Pekalongan

Soto Tauto Rochmani Bendan Pekalongan.

Soto legendaris ini dulunya berada di belakang gedung olahraga Stasiun Kereta Api di dalam komplek Pasar Sayun. Namun kini sudah berpindah di Jalan Kurinci beberapa waktu lalu. Ciri khas dari soto ini adalah lebih banyaknya porsi “ijo-ijo” di mangkok yang tersaji. Maksud dari ijo-ijo tentu bukan daun pandan, melainkan potongan loncang, paham ya? Pilihan dagingnya lumayan lembut dan kalo tidak salah tidak berlemak semuanya. Maksudnya tidak mencampur daging dengan yang berlemak. Kalau mau pesan khusus jeroan juga bisa.

tauto rohmani pekalongan
Semangkok Tauto H. Rochmani. Dok : [email protected]

Warung ini menggunakan mangkok kecil sebagai wadah soto nya. Disitu juga ada gorengan tempe tahu sebagai variasi tambahan. Harganya lumayan kompetitif yang nyaman di kantong orang-orang seperti anda yang lebih suka ditraktir tentunya.

Untuk aksesibilitas sangat gampang tinggal meluncur ke Jalan Kurinci. Kalau yang belum tahu ya tinggal point map google aja. Parkir mobil dan motor juga mudah meskipun tidak ada lahan parkir khusus.

Penampakan warung. Dok : http://readymap.asia/258940/6008

Map Soto Tauto H Rochmani Pekalongan.

Warung Soto Tauto Tjarlam Pekalongan.

Warung ini juga termasuk cukup lama eksis di Pekalongan. Nama Tjarlam merupakan pemilik / penjual sotonya sebagaimana nama warung-warung lainnya. Lokasinya berada di ujung gang kecil menuju Pasar Senggol di daerah Sugihwaras Kota Pekalongan. Kalo sekarang tepatnya di gang sebelah Hotel Pesona. Warungnya kecil, hanya muat maksimum 6 orang didalam dan beberapa bisa menggunakan meja luar.

tauto tjarlam
Warung Tauto Pak Tjarlam. Foto : travelingbae.com

Ada banyak cerita tentang dahulu orang biasanya setelah nonton film extra show di Bioskop Rahayu / Fajar, lantas mampir jajan di warung soto ini. Jikalau kamu paham tentang adanya Bioskop Fajar atau Rahayu, berarti kamu kelahiran dibawah taun 80-an. Yha kamu udah tua.

Warungnya sangat kecil dan sempit, bahkan anda bisa melihat proses pembuatan Sotonya secara live. Dan kalau kamu perhatikan baik-baik, selalu ada ritual bunyi  botol kecap yang mengenai meja yang memang disengaja oleh pembuat sotonya. Itu mungkin suatu hal yang membuat soto ini unik dan enak untuk dinikmati hingga sekarang. Ciri dari soto ini bumbunya lumayan kental dan anda dapat membuat custom atau memilih daging  yang ingin anda nikmati.

soto tauto tjarlam
Foto : [email protected]

Akses ke warung ini tidak terlalu susah, Motor bisa masuk gang, sedangkan mobil harus anda parkir di deretan toko Jl. Dr Cipto, Di depan toko sepeda misalnya. Jangan parkir di mall, kejauhan Bro. Harganya menurut penulis agak sedikit lebih mahal dibanding soto lainnya namun selisih itu tidak mengurangi kenikmatan yang didapatkan.

Map Soto Tauto Tjarlam Senggol Pekalongan

  • Soto Tauto Kunawi Klego Pekalongan.

Jika anda pernah kesana, berarti anda memiliki selera yang cukup baik. Warung Soto Tauto Kunawi ini berada didalam kampung yang bernama Klego. Namun jangan salah, meskipun berada di dalam kampung, Warung ini tak pernah sepi pembeli. Rasa tauto kental yang khas dalam sajian mangkok kecil buatan H. Kunawi ini menjadi ciri khusus dan penulis yakin akan membuatmu merasa kenikmatan. Maksudnya makan soto yang nikmat rasanya.

Anda dapat mengkonversi lontong menjadi pilihan nasi, tambahkan beberapa menu gorengan seperti tempe atau tahu supaya perut anda tak keroncongan lagi hari itu. Warungnya tidak terlalu besar namun cukup untuk menampung belasan orang.

soto tauto pekalongan kunawi
Warung soto Kunawi. Dok : iniarry.com

Meskipun aksesnya agak susah, namun anda tak akan merasa rugi jika sudah datang kesana. Mobil pun harus parkir diluar gang tepatnya di Jalan Seroja, Anda harus berjalan kaki masuk Gang 5 untuk sampai di warung. Dengan harga yang relatif terjangkau semua kalangan, Berkunjung kesini dan menikmati sajian sotonya saat anda pulang kampung ke Pekalongan adalah suatu hal yang musti direncanakan.

Map Soto Tauto H. Kunawi Klego Pekalongan

  • Warung Soto Tauto Bang Dul Pekalongan.

Warung ini menurut penulis merupakan warung yang friendly bagi orang non-pekalongan yang ingin merasakan nikmatnya Soto Tauto. Karena kandungan tauco dalam sajian sotonya tidak terlalu kental, lebih soft dibanding warung lainnya. Dan juga ada menu Daging Ayam sebagai pengganti Daging Kerbau. Adanya dua pilihan ini membuat orang yang tidak suka makan daging hewan berkaki empat menjadi mempunyai alternatif.

Letaknya di pinggir jalan besar Pantura (Pringgosari), membuatnya mudah diakses dari mana saja. Kalau djaman ulu nama daerah dekat Brimob itu orang banyak menyebutnya adalah Kalibanger, entah sekarang masih ada yang mengenali Kalibanger atau tidak, seperti nama Mbenteh (kampung di selatannya kalibanger) atau Pragak (Kampung diselatannya Landungsari), Nama-nama kampung lawas yang mungkin tidak dikenali generasi milenial.

Tauto Bang Dul
Tauto Bang dul. Dok : http://littlestory90.blogspot.com

Warung Tauto Bang Dul saat mudik lebaran biasanya paling ramai dikunjungi pelanggan ber-plat luar kota Pekalongan. Meski demikian warung ini juga mempunyai pelanggan lokal yang cukup banyak. Setiap harinya cukup ramai dikunjungi orang. Selain menu Tauto Ayam, ada menu tambahan seperti Gorengan, Kerupuk, dan juga Usus goreng. Selain aksesnya mudah, lahan parkir bahu jalan pantura juga cukup luas, sehingga parkir mobil tidak ada masalah.

Map Soto Tauto Bang Dul Pekalongan

  • Soto Tauto Sayid Medono Pekalongan.

Mungkin tak banyak orang Pekalongan perantauan yang mengenal warung ini. Padahal menurut penulis, warung ini juga menyajikan soto tauto yang tak kalah enaknya dibanding soto lainnya. Meskipun tidak seperti umumnya (dengan menggunakan mangkok yang besar sebagai penyajiannya), Soto Tauto H. Sayyid Medono cukup eksotis untuk dinikmati.

Tersedia menu tambahan berupa gorengan tempe dan tahu sebagai pelengkap. Juga anda bisa memilih nasi sebagai pengganti karbo dari lontong yang disajikan. Ciri khasnya yang paling menonjol dari warung soto ini adalah taburan so’on nya yang melimpah dan juga irisan dagingnya yang cukup besar. Meskipun warungnya tak terlalu besar, namun mampu menampung orang hingga 20-an, cocok bagi yang mau traktir ulang  tahun atau reunian ibu-ibu arisan.

soto tauto sayid
Warung Soto Sayid. Dok : wrdnzc

Namanya sebenarnya Warung Pak Wasmad, Namun orang-orang tetap menganggapnya sebagai warung soto Pak sayid. Warungnya berada di gang kecil tepatnya di Gang 7 Jalan Karya Bakti Medono. Untuk parkiran motor tidak ada masalah, kecuali motormu David Harleyson. Sedangkan untuk mobil bisa diparkir di area parkir Kelurahan Medono. Jalan kaki sedikit udah nyampe, tidak sampai menimbulkan lecet jika anda memakai high heels.

Map Soto Tauto Sayid Medono Pekalongan

  • Warung Soto Tauto Naryo Pekalongan.

Buat yang sering nungguin pasien atau jenguk pasien di RS. Siti Khotijah Pekalongan, pasti tak akan asing dengan warung soto tauto ini. Letaknya persis di depan Rumah Sakit tersebut. Meskipun bentuk warungnya tidak permanen, Rasa sotonya dari dulu tetap enak permanen. Ibaratnya meskipun kaki lima namun rasanya bintang lima. Anda penikmat soto harus coba sajian soto Bang Naryo ini.

Rasa bumbu tauco-nya cukup kental dan meskipun irisan dagingnya tak terlalu besar, cukup membuat perut ini bahagia. Sebagai orang Pekalongan perantauan, Makan soto tauto itu selayaknya memberi Pertamax pada kendaraan, Maksimal! Makan di warung ini tak butuh kipas angin untuk mengurangi hawa panas di dalam warung. Karena konsepnya kaki lima terbuka, Desiran angin dari luar warung akan membantu rasa segar atas keringatmu yang keluar.

soto bang naryo

Sebenarnya warung ini adalah cabang dari Warung utama yang terletak di sekitaran Lapangan Sorogenen. Namun jujur penulis belum pernah mencoba yang disitu, sehingga yang ditulis disini yang didepan RS Khotijah saja. Akses ke warung ini sangat mudah, karena letaknya di pinggir Jalan Bandung, tempat anak-anak jadul membeli benang layangan yang paling top. Untuk harganya anda tak mungkin kebobolan, relatif sangat terjangkau dan rasanya tidak akan tertukar dengan harganya.

Map Tauto Bang Naryo Pekalongan.

  • Soto Tauto Kolari Ambokembang Pekajangan.

Warung yang satu ini berada diselatan Kota Pekalongan, namun sepengetahuan penulis warung ini cukup ramai dikunjungi pelanggannya. Nama Kolari adalah nama penjualnya yang menjual sajian Soto ini yang konon katanya sudah beberapa generasi. Masih dalam kategori cukup enak untuk dinikmati bersama keluarga meskipun kekentalan kandungan tauco yang ada, menurut penulis kurang “ngglabet”.  Namun hal itu juga menjadi pilihan tersendiri bagi para pecinta soto yang tidak terlalu suka dengan kekentalan bumbu tauco.

soto kolari pekajangan
SOto Kolari. Dok : https://www.dedyzebua.com

Di warung ini juga tersedia menu tambahan seperti gorengan dan kerupuk. Warungnya cukup untuk menampung banyak orang dan karena letaknya di pinggir jalan raya menuju arah Kedungwuni (tepatnya di daerah Ambokembang dekat Pekajangan), Anda tidak akan kesulitan menemukannya. Area parkir untuk motor dan mobil bisa menggunakan bahu jalan yang tersedia. Saat siang hari jam istirahat, warung ini akan ramai pengunjung. Warung ini juga kabarnya membuka cabang baru di daerah Karanganyar, tapi penulis belum pernah mengunjunginya.

Map Soto Tauto Kolari Pekalongan

  • Warung Soto Tauto Bebek Pak Topari Kajen.

Nah bagi anda yang mempunyai kampung asal di daerah Bojong, Kajen, Wonopringgo dll, tak perlu jauh-jauh ke Kota Pekalongan untuk sekedar menikmati sajian soto yang enak. Di desa Gejlik Kecamatan Kajen ada satu warung soto enak yang bisa anda datangi yaitu Soto Bebek Pak Topari. Letaknya di pinggir jalan raya Bojong-Kajen yang mudah di temukan.

Di tempat ini juga bisa jadi pilihan alternatif kaum pecinta soto yang tidak suka daging hewan berkaki empat. Karena disini hanya menyediakan menu soto bebek, tidak ada soto daging. Penulis kasih tahu ya, jika ingin sesuatu yang lebih joss, Pesanlah Soto Bebek plus Balungan. Balungan Bebek tentunya bukan Balungan Kambing. Namun ada satu syarat, Gigi anda harus masih normal dan utuh. Kalau sudah ompong macam kakek-kakek ya mending tidak usah.

soto bebek topari
Soto bebek pak topari Kajen. Dok : [email protected]

Warung ini juga menyediakan menu tambahan gorengan berupa tempe berukuran agak kecil namun rasanya cukup enak. Potongi tempe itu pakai tangan kemudian masukkan ke dalam mangkok, anggaplah tempe itu sebagai daging juga.

Map Soto Bebek Pak Topari Pekalongan

  • Soto Tauto Pangkah Pak Tarip Pekalongan.

Buat anda-anda yang mempunyai kampung asal di daerah sekitaran Ndoro, Talun, Karangdadap pasti tidak asing dengan warung soto yang satu ini. Warung Soto Tauto yang kerapkali disebut Tauto Pangkah ini cukup legendaris di areal tersebut. Pada saat jam makan siang, cukup ramai dikunjungi pelanggan dari sekitaran maupun dari Pekalongan kota.

Warungnya terletak dipinggir Jalan Raya Buaran-Doro yang cukup mudah untuk dicapai. Menu yang ditawarkan sepadan dengan harganya yang relatif terjangkau. Anda juga dapat memilih antara lontong atau nasi sebagai menu pendukung soto yang menurut penulis cukup enak. Walaupun kekentalan aroma tauco juga kurang begitu tajam, namun rasa yang sampai dilidah cukup lumayan nendang dan layak untuk didatangi kembali. Anda juga bisa memesan soto khusus jeroan bagi yang suka.

tauto pangkah
Foto depan Tauto pak Tarip. Dok : https://megonoholic.wordpress.com

Untuk ukuran warung soto, Warung ini cukup besar karena mampu menampung hingga 20 orang lebih. Tempat juga menyediakan areal semilir di belakang bagi yang ingin makan sambil melihat view kebon atau tegalan. Meskipun bukan view sawah berundak seperti di Bali, namun semilir angin sembari menikmati sajian tauto rasanya sudah cukup bagi kita-kita orang Pekalongan.

Map Soto Tauto Pangkah Pak Tarip Pucang Karangdadap

  • Soto KTL Wiradesa Pekalongan.

Entah bisikan apa yang membuat pemilik warung soto  ini menamakan warungnya KTL. Konon katanya, KTL itu singkatan dari Kurang Tambah Lagi, Apa iya? Meskipun ada beberapa pilihan dalam penyajian soto nya, Soto ini udah terlanjur identik dengan penggunaan kelamin (jeroan). Enak? Silahkan mencobanya. Untuk penulis, kategori enak itu apabila ramuan kuahnya ngglabet atau nglamir terlepas dari komponen dagingnya.

Soto yang udah buka dari tahun 80-an ini cukup terkenal di daerah Wiradesa Pekalongan. Dan penggemarnya juga tidak hanya lokalan daerah situ aja, namun seantero Pekalongan. Terlebih, pilihan menu lauknya berupa jeroan torpedo yang diklaim rendah kolesterol.

Map Soto Tauco KTL Wiradesa Pekalongan.

  • Warung Soto  Tauto Pekalongan Lainnya.

Masih banyak warung soto tauto lain yang bertebaran di seantero kota atau pun di pelosok-pelosok Kabupaten Pekalongan yang belum sempat ditambahkan disini. Jika ditambahkan juga terlalu panjang dan membosankan. Masih ada nama-nama seperti

  • Soto Tauto 183
  • Tauto Khotima
  • Soto Tauto Muhammad
  • Soto Mbak Dur
  • Rizky Mulyo
  • Soto Casmari
  • Tauto Mbak Isah
  • dll

Namun ada satu hal yang hendak penulis tambahkan buat anda pecinta soto tauto. Jika anda pecinta soto tauto namun tidak terlalu suka dengan warung yang mainstream, Anda bisa melakukan jelajah soto di daerah selatan Kabupaten Pekalongan  tepatnya di daerah Kecamatan Kesesi, Kajen atau Sragi. Sembari anda dalam perjalanan membeli Apem atau mengambil jahitan, Anda bisa menyapu pandangan ke sekitaran tempat yang anda lewati. Jika anda menemukan orang jualan soto atau ngemper dipinggir jalan kampung dengan peralatan apa adanya.  Segeralah berhenti, dan pesanlah. Meskipun sotonya sederhana, namun biasanya rasanya enak.

soto tauto pekalongan
Tauto Sederhana pinggir jalan, Ndeso tapi enak.