Alfat Subekti Yang Telah Pergi

Alfat Subekti Yang Telah Pergi

Alfat Subekti Yang Telah Pergi adalah tulisan untuk mengenang kepergian almarhum Alfat, Rekan kita semua yang meninggalkan dunia di hari Kamis, tanggal 15 Juli 2021. Semoga beliau almarhum Alfat mendapat derajat yang tinggi disisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan.

alfat subekti

Profil Alfat

Alfat Subekti bin Amat Subechi lahir di Pekalongan pada tanggal 30 Juli 1976. Besar dan berkembang di lingkungan Asrama Polisi jetayu sebelum akhirnya berpindah ke daerah kuripan Pekalongan. Beliau menamatkan pendidikan dasar di SD Panjang Wetan 2, satu sekolah dengan rekan Atik Marsgiyarti, Indriyani, Hendi Yuliarto, Khusnul Khotimah & Nurcahyo. Lalu melanjutkan jenjang pendidikan menengah pertama di SMP 2 Pekalongan di tahun 1988 dan lulus di tahun 1991. Almarhum masuk di SMP 2, Kelas 1E bareng Erwin “Brindil”, Freddy Hm, Agus Saiful, Hermawan, Midiak dan lain-lain. Setelah selesai di SMP 2, lanjut pendidikan Menengah Atas di SMA 3 Pekalongan hingga lulus di tahun 1994.

 

alfat subekti
Alfat saat acara reuni SMA 3 bareng Anggraini dan Mula Prasetyawan

Setelah lepas masa pendidikan atas, Beliau melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Semarang (USM) Fakultas Teknik, Jurusan Sipil.Semasa kuliah, Beliau aktif di kegiatan Mapala USM dan mencintai aktifitas mendaki Gunung. Menurut profil Facebooknya, Beliau  bekerja di PT. Pratama Abadi Industri di Sukabumi Jawa Barat.

Berpulangnya Alfat Subekti.

Tidak banyak yang bisa diceritakan mengenai kronologi kepergian almarhum selain info tunggal dari rekan Nurcahyo Hariyadi yang kebetulan tinggalnya paling dekat dengan beliau di daerah Jawa Barat tepatnya di kota Cianjur. Pada hari kamis, 15 Juli petang hari, Penulis mendapat info dari Rekan Uki tentang kabar Alfat yang dirawat di sebuah Rumah sakit di kawasan Cianjur. Kemudian penulis mengontak Nurcahyo untuk memastikan kebenaran info itu. Menurut info yang penulis terima, Almarhum sudah dirawat di ICU untuk kurang lebih 10 hari.

Mungkin sudah menjadi ketetapan Ilahi bahwa Alfat pada malam itu terpilih untuk menghadapNya. Kurang lebih pada pukul 22.00 kawan Alfat telah menghembuskan nafas terakhirnya di RS. Sayang Cianjur. Innalilahi Wa Ina Ilaihi Rajiun. Kira-kira pukul 23.00 kami baru bisa mengubungi keluarga Pekalongan untuk bisa menyampaikan kabar duka ini. Almarhum Alfat dimakamkan secara normal (islam) di Kota Cianjur pada Jumat, 16 Juli 2021.

Beliau meninggalkan Istri yang bernama Sulistiawati dan dua orang putra yaitu Afif Muharam Tawakal Putra dan Aqil Islam Basysyar Subekti. Semoga almarhum diampuni segala dosa-dosanya, diterima amal ibadahnya dan mendapatkan tempat terbaik disisi Allah SWT serta bagi keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, keikhlasan dan ketabahan.

Tentang Alfat menurut rekan-rekannya.

Penulis tidak terlalu dekat dengan almarhum karena tidak pernah satu kelas, hanya sebatas mengenal saja. Namun demikian menurut penulis, banyaknya yang merasa kehilangan atas kepergian almarhum menjadikan kesimpulan bahwa Alfat adalah orang yang baik dan disayangi teman-temannya. Kenangan yang tersangkut di memori penulis adalah, Alfat merupakan seorang yang pandai sketching dan menggambar. Kalau tidak salah beliaulah (bersama kawan Budiarto Kalung) yang mendesain gambar Cannibal di jaket kebersamaan pada masa kelas 2. Alfat juga merupakan pemilik jaket Cannibal, bersama Bagoes, Ahmad I’an, Sri Wisnu, Guruh, dkk.

Berikut beberapa pesan yang berhasil di himpun penulis dari kawan-kawan dan sahabatnya, baik yang pernah satu kelas ataupun satu almamater (SMP 2 dan SMA 3 Pekalongan). Kesan dan pesan ini semuanya merupakan tulisan otentik dari yang memberikan testimoni :

Alfat teman yang baik. Meskipun gak banyak bicara, tapi seru kalau diajak becanda. Seingatku Alfat murid kesayangan Pak Ali Guru Olahraga sekaligus Guru Seni rupa. Sudah pasti karena Alfat pintar olahraga terutama Lari (didukung postur tubuhnya yg tinggi dan kakinya yg panjang). Selain itu Alfat jago menggambar dan melukis. Aku pernah dipanggil Pak Ali utk belajar ke Alfat bagaimana melukis dengan cat air yang bagus agar lukisannya lbh natural. Dan Alfat tdk segan berbagi ilmunya. Keahlian Alfat menggambar, tergores indah dg desain APACHE di baju olahraga kami anak kelas 3C. Dia juga yg mendisain jaket kelas kami. Alfat suka berpenampilan dg rambut gondrongnya. Semoga Allah lapangkan jalanmu ke Surga kawan….kebaikanmu akan kuingat selalu.“, Rita Ahtaviani.

Kenanganku bersama alfat banyak banget krn kita 3 tahun bareng trs 1 kelas, lungguhe dibelakangku pas, salah satunya dia suka pinjem PR ku untuk disalin, nek ulangan senenge jowal jawil njaluk di contoni? kawan yg menyenangkan tp kadang nyebelin jg?”, Anggraeni Widiastuti.

Almarhum adalah teman dua masa, SMPN 2 dan SMA 3. Orangnya kreatif, asyik, suka musik juga naik gunung. Tongkrongannya mengingatkan pada tokoh Lupus, rambut rada panjang bagian belakang. Dimasa SMA pernah menyukai 1 cewek yang sama. Ups… Hahaha… itu aku tahu karena si cewek yang ngasih tahu…“, Uki Nugroho.

Alfat Subekti kebetulan dengan almarhum kami satu SD sejak kecil almarhum anaknya baik senang bercanda dan sering menghibur teman teman yang lain supel dan aktif dalam beberapa kegiatan di SD kami sampai SMP ternyata almarhum tetep seperti semula baik supel dan ramah dengan semua teman… Itu sedikit cerita tentang almarhum Alfat Subekti…“, Hendi Yuliarto.

Alfat : Metal mania dr semenjak lahir. Koleksi kaset dan kliping grup band metalnya komplit abis. Ini jaman smp lho ya…jd masih pake kliping ?. You are ride the lighting to heaven brother … see you in heaven with a metal band melody ???”, Subkhan.

Baik pake banget, sabar pake banget, yang ngenalin aku ma musik metal, pokoknya cinta Alfat setengah mati“, Retno Hernani.

Setahun bareng di kelas 1 SMA3, orangnya baik suka duduk di belakang dan suka melukis…. al fatihah buatmu bro“, Lisa Kurniasih.

Ybs, adalah pribadi yg sederhana, memiliki integritas yg baik, pintar, pernah kita satu kelas, bbrp kali main ke rumah ybs untuk sekedar ke sungai belakang rumah ybs waktu itu. Selamat jalan kawan.“, Freddy Harimawan.

Kawan lama saat satu kelas di SMP. Orangnya friendly, suka membantu teman & yang paling diingat adalah jago gambar. Selamat jalan sahabatku Alfat Subekti, damai di sorga sekarang. Aamiin.”, Christian Adi. P

Saya dgn Almarhum berinteraksi hanya 3 tahun selama di SMPN 2 Pekalongan, stlh lulus sampe skrg (meninggalnya) saya tidak sempat bertemu lg, yg saya ingat selama berinteraksi dgn Almarhum, beliau orangnya baik & kreatif krn piawai dlm menggambar design….kalo tdk salah dulu semasa SMP sempat buat kaos & jaket dgn hasil gambar2 karakternya dr karya Almarhum. Semoga Almarhum Husnul Khatimah, diampuni dosa2nya, diterangi kuburnya & diberikan tempat terindah disisi Allah Subhannahu Wa Ta’ala, Amiiin Yaa Robbal Alamiiin“, R. Febrianto.

Kedekatan bukan jarak. Tapi sebuah ketulusan. Akan selalu hadir kebaikan kebaikan itu.” Muhammad Rizal.

… baru nyadar kalo almarhum pernah se-kabupaten saat merantau, di fb pernah janji ketemuan tapi belum kesampaian karena almarhum sudah pindah, selamat jalan teman karate masa SD-ku (walau beda sekolah), teman SMP Negeri 2 Pekalongan… Husnul Khotimah di Jannah-Nya… Aamiin yaa robbal alamiin“, Abi Agus Witono.

Aku pernah sekelas nek ga salah, tapi lupa kelas berapa, anaknya kurus tinggi kesan e si pendiem ya, aku hampir ga pernah interaksi ma dia, sepertinya orangnya baik, semoga husnul khotimah dan juga keluarga yg ditinggalkan diberikan kesabaran ??”, Istiqamah.

Alfat orangnya cool dan asik, sejak kuliah komunikasi thrash metal tetap stay keep n rockin…Selamat Jalan Kawan Semoga Allah SWT memberikan tempat yg terbaik. Amien YRA“, Zaenal Arifin.

Keras.. Cerdas.. Pandai menggambar.. Gampang nesu.. ???”, Sinung Wibowo.

Pernah sma pinjam motor buat osis pulang ancur ….tp bar sekolah di bawa kebengkel dijait Bodynya depan station terus di cat??bertanggung jawab“, Midya Kurniawan

Alfat itu orang yg baik. Yg jelas anaknya pendiem, ga neko2 gitu. Semoga semua kesalahan dan kekhilafannya diberikan ampunan dan diberikan tempat terbaik di sisiNya. Aamiin“, Ken Anies.

Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun..Sesungguhnya semua adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah semua kembali. Almarhum Alfat adalah salah satu diantara teman-teman yang pertama saya kenal di SMP 2 Pekalongan. Yang teringat waktu itu, anaknya suka bercanda dan menyenangkan, dengan aksen luar jawa yang masih terasa kental. Selepas masa SMP hampir tidak pernah bertemu lagi dengan almarhum, kecuali melalui berbagai media sosial. Tetap saja, beberapa kesan baik mengenai almarhum di masa SMP masih teringat.

Sabda Rasulullah, do’a seseorang kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah do’a yang terkabulkan, demikian pula do’a kepada saudara kita yang sudah meninggal dunia adalah salah satu diantaranya. Yaa Allah, ampunilah dia, berilah dia rahmat, berilah dia kesejahteraan, maafkanlah kesalahannya. Basuhlah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran. Aamiin. Selamat jalan kawan, semua doa-doa terbaik untukmu.” Cahyo Adhi Nugroho.

Almarhum Alfat Subekti Adalah Pribadi Yang……
• Kreatif….Jago Menggambar Dan Inovatif, Banyak Karya-Karyanya Yang Kita Gunakan Sebagai “Identitas Kelas Dan Identitas Sekolah” Mulai Sejak Di Smp2 Sampai Di Sma 3….
• Karakternya Juga Kuat…..Sepanjang Saya Mengenal Beliau, Beliau Mempunyai Karakter Yang Kuat Mulai Dari Penampilan “Khas Alfat Subekti” Sampai Dengan Idealisme Dan Prinsipnya….Mungkin Itu Terbentuk Karena Beliau Adalah “Anak Kolong”….Saya Inget Betul Waktu Kelas 1 Smp Sering Maen Dan Banyak Belajar Dari Keluarga Rekan Alfat Di Asrama Polri Di Dekat Simpang Lima….Pribadi Yang Ulet, Disiplin Dan Setia Kawan….
Yaa Rabb….Kami Menyayangi Beliau…Tetapi Engkau Lebih Sayang Kepada Beliau….Selamat Jalan Rekan Alfat Subekti….. Insyaallaah Allah Swt Berikan Tempat Terbaik Untukmu Di Surga-Nya….Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin…..“, Hermawan Adhi Nugroho.

 

nurcahyo alfat mula cap
Foto yang ikonik banget saat Perpisahan SMP di tahun 1991. ki-ka : Nurcahyo, Mula, Alfat, Christian

 

Pengajian Alumni Cendrawasih untuk wafatnya Alfat Subekti.

Pada hari Kamis 22 Juli 2021 Alumni Cendrawasih mengadakan acara “Ngaji Bareng mendoakan alm. Alfat Subekti bin Amat Subechi” dengan menggunakan jaringan Aplikasi Google Meet yang diikuti sebagian anggota alumni. Acara ini diselenggarakan dengan maksud untuk mendoakan beliau sebagai teman, sahabat kami. Pembacaan doa dipimpin oleh rekan Hermawan dan diikuti sebagian alumni, Acara dimulai pada pukul 19.00 hingga selesai pukul 21.00.

pengajian alfat

Donasi / Tali asih untuk berpulangnya Alfat.

Alumni Cendrawasih menyelenggarakan kegiatan untuk menyisihkan sebagian rejeki untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan Almarhum. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 16 Juli 2021 hingga batas akhir di Hari Senin tanggal 19 Juli 2021, Pukul 10.00. Uang duka diberikan kepada putra almarhum melalui transfer karena situasi pandemi tidak memungkinkan perwakilan alumni bepergian saat PPKM diberlakukan hampir di semua daerah.

Laporan Uang duka.

Nama : Donasi Uang duka untuk Keluarga alm. Alfat Subekti (SMP2 & SMA3 Pekalongan).

Donasi untuk : Tali Asih Keluarga yang ditinggalkan

  • Tanggal Start Donasi :  16 Juli 2021, pukul 10.00
  • Tanggal Akhir Donasi : 19 Juli 2021, Pukul 10.00
  • Tanggal Penyerahan : 19 Juli 2021, Pukul 12.19
  • Metode Penyerahan : Transfer langsung kepada keluarga ybs.
  • Representatives : Sdr N. Hariyadi
  • Penerima : Afif Muharam, Putra dari Almarhum
  • Alamat : –
  • No Rek Pengumpulan : BCA only (terlampir di whatsapp broadcast message)
  • No Rek Pengiriman : BCA Cab. Gejayan Yogyakarta, No rek : 456—-
  • No Rek Penerima : Bank Syaria Indonesia.  A/n Afif Muharam No rek : 714393—
  • Karangan Bunga : Ya, Dikirimkan ke Jalan Hos Crokroaminoto 124 Pekalongan.
  • Donator non alumni : Tidak ada.

Total Donasi Terkumpul : 7.367.000 (Sampai dengan 19 Juli 2021, pukul 10.59).

Alokasi : Karangan Bunga 600.000 + 6.767.000 Transfer.

transfer donasi

karangan bunga

List Donator :

Kategori J : q39r, 64ey, 94lb, ak5e, egz0, rx1w,

Kategori X : 1ng0, cq7e, q4k8, 7d11, hz44, 9ihy, gz7a, rok8, a68z , q8zf, 3td7, k2da,

Kategori Y : 4c9r, sa37, m67s, wy3y, qv53, m0fr, 3kbe, thp1, 3gdz, iy39, gm3r, 65fq, p7cf, 4z45

Kategori T : 5cxy, qy6j, u7cp,

Kategori M : 7typ, 8ylg

Kategori F : b8of, r5ho, qp30,

Kategori U : cgf5, cx89, anf5

Kategori R : 43mf, be5k,

Kategori C : 3obc, zs8e, dr6l, 33q1, w9c2, 5csz

  • Nama donator dan nominal donasi tidak ditampilkan, Kategori juga tidak diurutkan, demi kemaslahatan.
  • Kode register dengan aplikasi generator diberikan sesaat setelah anda mengirimkan screenshot donasi via whatsapp.
  • Mohon di cek apabila kode register anda tidak tertera disini, Segera hubungi administrator untuk koreksi.

Penutup

Jika ada kesalahan penulisan nama, waktu dan informasi, Mohon sudilah kiranya memberikan info atau koreksi. Artikel ini didapatkan dari berbagai sumber dengan metode wawancara jarak jauh langsung via media sosial.

  • Mohon maaf juga bila ada yang terlewat untuk dimintai kesan, Silakan menulis di kolom komentar jika ingin menambahkan sesuatu.
  • Penulis sengaja menambahkan testimoni dari rekan almarhum semasa SMA karena sayang untuk tidak dicantumkan dalam tulisan ini, disamping itu pula beliau juga alumni SMP 2 dan SMA 3.
  • Halaman ini mungkin berubah konten jika ada penambahan data terbaru (update).

Terima kasih untuk mas Afif Muharam (anak kandung almarhum), Pak Herman (Saudara Almarhum), Nurcahyo Hariyadi, Retno, Anggraeni, Atiek, untuk data dan kelengkapan informasi untuk artikel ini.